Artikel Populer


Selamat Datang di Blog Resmi RZIS UGM

Minggu, 07 Juli 2013

Aku Mau Sekolah, Aku Mau KULIAH by THOLKHAH MANSHUR Diploma Teknik Mesin 2012




Assalamualaikum WR.  WB.
Nama saya Tholkhah Manshur, kebanyakan orang yang mengenalku memanggil tholkhah. Nama yang disepakati dari kedua orang tuaku yaitu Sholihin dan Siti Rosyidah saat aku lahir di rumahku Margoyoso 08/03 Kalinyamatan  Jepara pada tanggal 16 Januari 1994 atau sekitar 19 tahun silam . Aku berasal dari keluarga besar, maklum saja aku anak ke-empat dari delapan bersaudara.
Ayahku seorang yang tegas dalam mendidik anaknya, terutama dalam beribadah. Selain itu, beliau juga seorang yang bekerja keras. Pekerjaan sebagai buruh bangunan yang gajinya gak seberapa membuat beliau harus bekerja extra agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga kami. Sebenarnya saya tidak tega melihat itu, ingin rasanya segera mendapatkan pekerjaan untuk meringankan beban keluarga kami.
Bekerja tanpa keahlian khusus hanya akan memberatkan diri sendiri, itulah yang membuat saya berpikir untuk belajar setinggi mungkin. Tentuunya dengan kualitas pendidikan yang terbaik. Ya,  mungkin lulusan perguruan tinggi akan lebih menambah nilai jual saya. Meskipun dalam keadaan ekonomi yang pas-pas an aku tetap  mau KULIAH.
Dari kecil aku bisa dibilang sebagai anak yang pandai dan anak yang  berkeinginan kuat untuk bisa sekolah di tempat yang terbaik . Hal itu yang membuat aku keluar dari jalur sekolah yang pernah di tempati kakak-kakakku. Alhamdulillah orang tua mendukung semua keputusanku itu. Meskipun terkadang orang tua sulit memenuhi pembayaran sekolah yang harus dibayarkan.
MAN 2 KUDUS adalah tempat aku menutut ilmu di tingkat SMA. Aku masuk disana supaya gak hanya ilmu umum yang didapatkan tetapi ilmu agama juga, seperti keinginan orang tua. Dalam masa-masa kelulusan dan penerimaan untuk masuk kuliah waktu itu ada SNMPTN Undangan. Sistem yang tebaru SNMPTN Undangan saat itu yang harus selalu masuk rangking 50% atas di setiap jurusan di semester 3,4 dan 5 membuat aku tidak masuk kategori yang berhak ikut SNMPTN undangan. Karena di semester 3 aku tidak masuk 50% persen. Maklum, kuota SNMPTN di sekolah kami di penuhi anak-anak kelas unggulan karena KKM yang berbeda. Menyesalnya saya kenapa tidak sejak kelas satu aku masuk ke kelas unggulan saja dan baru masuk kelas unggulan dikelas 3. Jadi teman-temanku sekelas hampir semua ikut SNMPTN Undangan.

Tetapi aku gak mau begitu saja menganggur menunggu jalur lain yang rentanya lumayan lama. Saya cari-cari info untuk bisa masuk jalur PMDK (diploma) di internet dan juga beasiswa yang bisa didapatkan jalur itu. Setidaknya sama-sama menunggu pengumuman masuk PTN dengan teman-teman lain.
Saat itu guru BK yang tau persis keadaan saya menawari brosur Diploma Teknik Sipil UGM  jalur PBU. dan saya dianjurkan mencoba mendaftar jalur ini, karena ada jalur beasiswa yaitu PBU Tidak Mampu. Saya  segera mencari info lengkapnya di Web.
Ternyata dalam jalur PBU Diploma UGM boleh memilih 2 jurusan. Setelah berkonsultasi dengan guru BK akhirnya saya memilih Teknik Mesin dan Teknik Sipil. Berkas – berkas segera saya lengkapi dengan hati-hati. Saya tidak mau ada yang tertinggalan karena kemungkinan sangat berpangaruh.
Selang beberapa lama waktu pengmuman telah tiba. Dengan perasaan yang was-was aku mengecek menggunakan HP milik teman. Dan Alhamdulillah saya diterima J. Sungguh anugrah yang luar biasa dari Allah. Kemungkina saya menjadi siswa yang pertama diterima PTN di sekolahku. Karena pengumman SNMPTN Undangan yang di ikuti teman-temanku belum pengumuman.
Jalur PBUTM dibebaskan uang kuliah selama 6 semester akan tetapi tidak mendapatkan uang saku seperti bidik misi. Hal itu yang kadang membuat saya iri. Saya berusaha mencari beasiswa yang bisa saya dapatkan untuk memenuuhi kebutuhan sehari-hari selama kuliah di UGM.
Saya banyak mengajukan beassiswa disini. Akan tetapi  saya selalu tidak termasuk didalamnya. Kemungkinan karena saya sudah mendapatkan beasiswa PBUUTM. Tetapi suatu hari saya mendapat info beasiswa yang bisa di ikuti mahasiswa PBUTM, yaitu beasiswa RZIS.
Berkas-berkas segera saya kumpulkan dengan semangat . alhamdulillh saya mendapatkan beasiswa itu. Terima kasih RZIS dan orang-orang yang terlibat didalamnya. Dengan beasiswa ini dapat meringankan kebutuhan saya selama belajar di Universitas terbaik di bangsa ini. Alhamdulillah..
Wassalamualialkum WR. WB.



THOLKHAH MANSHUR
Diploma Teknik Mesin 2012
12/327940/sv/00116/TMD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar