Artikel Populer


Selamat Datang di Blog Resmi RZIS UGM

Minggu, 07 Juli 2013

RENCANA-MU ADALAH YANG TERBAIK UNTUKKU by Ika Widyaningsih




Ika Widyaningsih, itulah nama saya. Saya adalah anak pertama dari pasangan (Alm) Pujiyono dan Tri Wahyuningsih. Saya dilahirkan di Bandung 21 tahun yang lalu. Karena orang tua saya asli Klaten, maka setelah saya lahir orang tua saya memilih kembali pulang ke Klaten dan meninggalkan pekerjaan beliau di Bandung yang sudah bisa dikatakan cukup mapan. Saya memiliki seorang adik laki-laki bernama Dian Widyana.

Setelah pulang kembali ke Klaten, ayah saya kemudian bekerja sebagai pegawai di suatu perusahaan kontraktor di Pekalongan. Sedari saya kecil, saya terbiasa hidup terpisah dengan ayah saya dikarenakan pekerjaan beliau yang tidak menetap di satu kota. Tetapi selalu berpindah-pindah sesuai dengan proyek yang diperoleh. Terkadang beliau sampai harus bekerja di luar jawa dan terpisah jauh dengan keluarga hanya demi menghidupi kami anak-anaknya. Sedangkan ibu saya hanya seorang ibu rumah tangga biasa yang tinggal di rumah untuk mengurusi anak-anaknya.

Sebelum diterima di UGM, sebelumnya saya sudah diterima di salah satu Universitas swasta di Yogyakarta. Namun saya tidak mau membebani orang tua saya dengan biaya kuliah yang mahal. Karena ayah saya sangat menginginkan anak-anaknya bersekolah sampai perguruan tinggi dengan pengharapan anak-anaknya kelak dapat memiliki kehidupan yang lebih baik dibandingkan kehidupan orangtuanya maka beliau tetap menginginkan saya kuliah. Maka saya mencoba mengikuti test Ujian Masuk UGM. Beliau rela berkorban membanting tulang tanpa memperhatikan kondisi beliau sendiri untuk dapat membiayai kuliah saya dan biaya hidup untuk keluarga kami. Sampai suatu saat, Tuhan memanggil beliau untuk kembali pada-Nya saat beliau sedang bekerja di Juwana, Pati, padahal saat itu saya baru semester 2 di D3 Penginderaan Jauh dan SIG Sekolah Vokasi UGM. Sepeninggal beliau, kehidupan kami seolah goyah. Karena orang yang menjadi tumpuan kami telah dipanggil kembali oleh Tuhan. Kami harus berjuang demi melanjutkan kehidupan kami. Ibu saya berkerja serabutan dengan penghasilan yang tidak menentu. Terkadang saya merasa berat dalam menjalani kehidupan saya, tetapi saya berusaha untuk selalu mensyukuri apa yang terjadi dalam kehidupan saya. Karena saya percaya, Tuhan memiliki rencana yang jauh lebih indah untuk kami. Jalan kami masih panjang, dan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita beliau melihat anaknya kuliah adalah tanggung jawab saya sebagai anak sulung. Saya harus bisa melanjutkan pendidikan saya agar saya bisa membuat beliau bangga dan tidak mengecewakan beliau.

Karena hanya itu yang dapat saya lakukan. Walaupun beliau sudah tidak ada, namun saya ingin beliau melihat saya lulus dan bekerja sesuai dengan harapan beliau. Keinginan beliau itulah yang memotivasi saya untuk tetap bertahan. Mewujudkan cita-cita ayah saya dan membahagiakan ibu serta adik saya adalah tujuan saya. Walau itu tidak mungkin cukup untuk membalas semua pengorbanan dan perjuangan keluarga saya sampai saat ini.

Dengan modal prestasi saya, akhirnya saya bisa mendapatkan beasiswa yang tentu sangat membantu saya dan keluarga untuk membiayai kuliah saya. Beasiswa yang menjadi sumber dana utama saya untuk dapat melajutkan kuliah saya sampai saat ini. Mungkin itu adalah jalan yang Tuhan berikan untuk saya sepeninggal ayah saya. Saya percaya dengan semboyan berikut ini  “jika ada satu pintu yang ditutup maka akan ada pintu lain yang dibuka oleh Tuhan untuk kita”. Saya hanya berusaha menjalankan apa yang menjadi rencana Tuhan untuk saya yang sudah pasti itu terbaik untuk saya dan keluarga saya. Mungkin ini adalah perjuangan untuk saya dan kelurga untuk dapat meraih kehidupan yang lebih baik di masa depan kelak..Amin.

Terima kasih kepada RZIS yang sudah memberikan saya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa, mengajari saya untuk selalu bersyukur dan berbagi dengan sesama. Semoga kita selalu bisa bermanfaat untuk orang lain dan bisa membantu sesama. Amin..

Sekian yang dapat saya tulis. Semoga apa yang saya tulis ini bisa sedikit memberikan manfaat bagi orang lain. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar