Artikel Populer


Selamat Datang di Blog Resmi RZIS UGM

Rabu, 03 Juli 2013

Saya berjuang untuk bisa belajar di Universitas Gadjah Mada by Uphas Gia Salis Budidaya Hutan


Saya adalah salah satu mahasiswa UGM yang sedang berjuang untuk bisa terus belajar dan mengapai cita-cita menjadi sarjana lulusan UGM. Latar belakang saya berasal dari keluarga sederhana. Ayah saya bernama Sugiyanto dan Ibu saya bernama Sugiyati. Nama lengkap saya adalah Uphas Gia Salis. Saya merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Adik saya bernama Firdaus Gia Amahikar yang usianya beda satu tahun dengan saya. Kami tinggal di Dukuh Penggung, Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Kami tinggal serumah bersama kakek dan nenek dari ibu. Ayah saya bekerja sebagai reparasi barang elektronik. Ketika saya berusia 5 tahun ayah meniggal dunia karena sakit yang kronis. Setelah ayah meninggal, ibu membuka warung untuk menghidupi keluarga kami. Umur 7 tahun saya masuk SD N 02 Penggung dan lulus pada tahun 2003. Setelah lulus dari saya melanhutkan ke SMP N 01 Tayu. Sejak masuk SMP saya tinggal bersama nenek dari ayah saya selama 1 tahun. Karena nenek saya meninggal saya tinggal bersama budhe saya yang bermna Supriati sampai lulus SMA. Saya lulus SMP N 01 Tayu pada tahun 2006 dan melanjutkan ke SMA N 01 Tayu. Biaya sekolah ketika di SMP dan SMA berasal dari sanak saudara almarhum ayah saya dan beasiswa yang ada di sekolah. Ketika tinggal bersama budhe, saya sering membantunya dalam semua pekerjaannya yaitu berjualan di warung. Selama di SMA N 01 Tayu saya aktif sebagai pengurus OSIS periode 2007/2008 sebagai ketua seksi V dan aktif sebagai senior pramuka. Saya lulus SMA N 01 Tayu tahun 2009 dan melanjutkan di UGM. Saya masuk UGM lewat jalur PBUTM yang merupakan beasiswa yang diberikan UGM kepada siswa yang punya kemampuan akademik tapi dari keluaga tidak mampu melalui penelusuran bibit unggul.
Selama kuliah di UGM saya tinggal bersama budhe saya yang ada di Jogja. Kami tinggal di Bumijo Kulon JT I/1120 RT/RW. 037/008 kelurahan Bumijo Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Biaya hidup selama di Jogja berasal dari sepupu saya yang ada di Surabaya dan Paman saya.
Motivasi saya untuk belajar di UGM adalah: untuk melanjutkan study ke jenjang sarjana yang nantinya bermanfaat di masa depan. Pada awalnya saya ingin masuk UGM pada jurusan matematika, karena nila saya dianggap tidak mungkin masuk matematika, saya dianjurkan guru bimbingan konseling di SMA saya untuk ambil jurusan Budidaya Hutan. Saya berharap setelah lulus UGM nanti akan bermanfaat bagi orang banyak.
Selama di UGM saya tidak hanya jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang). Untuk mengembangkan skill, saya ikut berbagai organisasi di fakultas. Organisasi yang pernah saya ikuti dan sedang saya ikuti saat ini adalah Dewan Perwakilan Mahasiswa di fakultas Kehutanan (2010), Keluarga Mahasiswa Islam Kehutanan (2010), Forestry Study Club (2010 dan 2011) selain itu saya juga ikut kelompok pengamat, peneliti dan pemerhati herpetofauna yang ada di fakultas kehutanan.



Harapan saya dengan adanya beasiswa RZIS UGM adalah dapat menunjang kebutuhan saya saya selama kuliah seperti pembelian buku, foto copy, biaya praktikum lapangan dan kebutuhan saya ketika di organisasi yang saya ikuti. Saya berterima kasih atas beasiswa yang telah diberikan oleh RZIS UGM, semoga bermanfaat nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar